Kamis, 16 Oktober 2014

Review Kegiatan Character Building Program “CBP” UIN Alauddin Makassar


Nama : Ampe Daryanti
Nim : 10800113162
Jurusan : Akuntansi
Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam
Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Kata Pengantar
Alhamdulillah, Puji dan Syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT atas berkat rahmat dan karunia penulis masih bisa di berikan kesempatan untuk menikmati dan menghirup udara segar seperti saat ini, tidak lupa pula Shalawat dan salam penulis hanturkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW yang telah mengantar kita dari zaman biadab menuju zaman yang beradab. Terimaka kasih sebanyak-banyaknya kepada para Mentor, Dosen, dan Seluruh panitia Character Building Program yang telah memberikan kami pengetahuan, motivasi dan pengalaman yang begitu sangat berharga dalam pengembangan kepribadian kami. Tidak lupa pula penulis berterimakasih kepada Bapak Qadir Gassing selaku Rektor Universitas Islam Negeri Alauddin yang mencanangkan dan meresmikan program ini untuk pembinaan mahasiswa baru. Dan tidak lupa penulis ucapkan terimakasih kepada para rekan, saudara dan teman-teman yang ikut berpartisipasi dalam mensukseskan program ini, terkhusus untuk teman kelompok penulis “Muafiq”.
Penulis sadari bahwa penulis hanyalah manusia biasa yang tidak lepas dari kesalahan dan kekeliruan, untuk itu penulis meminta maaf apabila dan pembuatan review Program CBT ini terdapat kekeliruan maupun kesalahan di dalamnya. Sekiranya para pembaca yang budiman dapat mengoreksi apabila ada hal-hal yang kurang berkenan.
                                                                                                            Penulis
                                                                                                            Ampe Daryanti

Latar Belakang Penulisan
Program Character Building Program merupakan salah satu dari tiga program yang di jalankan oleh Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, ialah PIBA ( Pendidikan Ilmu Bahasa Asing) dan BTQ ( Baca dan Tulis Qur’an).  Ini merupakan suatu program yang dimana di tujukan untuk mahasiwa maupun mahasiswi baru di universitas tersebut. Program ini bertujuan untuk memberikan jawaban atas masa depan dan menguraikan bagaimana proses pencapaiannya yakni dengan melalui penanaman pemikiran yang mendukung dan motivasi.

Tujuan Penulisan
1.      Mereview kegiatan CBT
2.      Mereview Materi-materi pembelajaran
3.      Berbagi informasi dengan para pembaca yang Budiman

Materi Pengajaran
1.      Relasi Dengan Diri Sendiri, Oleh kanda Nur Hidayat Said, M.Ag
Pernah tidak kalian bertanya-tanya tentang diri kalian seperti ini, ‘’Siapa saya ini sesungguhnya?’’, ‘’apa kelebihan dan kekurangan saya?’’, dan ‘’apa sebenarnya yang saya inginkan didalam hidup ini?’’ banyak sekali diantara kita yang masih bingung dengan diri kita sendiri dan masih belum bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas.
Mengenal diri itu adalah saat dimana kita memperlakukan diri kita sesuai dengan kodratnya, yakni memandang dan memperlakukan diri kita sesuai dengan fungsi maupun tugas yang telah diberikan, oleh karena itu kita sebagai manusia di berikan kelebihan diantara seluruh makhluk hidup yang telah di ciptakanNya, ialah akal pikiran agar kita mampu membawa diri kita menjadi makhluk yang berbudi luhur.
1.      Mengenal diri sendiri dengan baik ( Jasmani & Rohani )
2.      Menerima diri dengan apa adanya
3.      Mengembangkan dengan maksimal sesuai dengan potensi
Menurut Imam Ali ada empat jenis Jiwa/Jasmani yang ada pada diri manusia
1.      Jiwa Nabati ( Vegetatif Nafs )
2.      Jiwa Hewani ( Sensualitas )
3.      Jiwa Insani ( Manusia )
4.      Jiwa Ilahiyah
Mengenal diri bermakna memahami hal-hal pokok tentang realitas diri baik dari segi jasmani maupun dari segi rohani.  Mengenal diri bermakna memahami kekhasan fisiknya, kepribadian, watak dan tempramennya.

Cara mengenal diri Melalui penilaian orang lain.
Plato pernah mengatakan bahwa “Kecantikan, kegagahan, dan keindahan sesuatu bukan pada bendanya melainkan orang yang melihatnya”
Seorang psikolog dari Harvard University ialah Howard Gardner berdasarkan penelitiannya selama lima tahun telah menyimpulkan bahwa ada 7 macam kecerdasan yang patut di perhitungkan dalam diri manusia
1.      Kecerdasan Linguistik
2.      Kecerdasan Logis-Matematis
3.      Kecerdasan Spasial
4.      Kecerdasan Musical

Formasi Angsa
Pernahkah kalian memperhatikan angsa yang sedang terbang? Apa yang kalian pikirkan tentang mereka? Sadarkah kalian bagaimana formasi angsa ketika sedang terbang? Menyerupai bentuk V kah? Apakah arti dari formasi tersebut?

            Penjelasan
      Kita analogikan bahwa panah-panah tersebut adalah kumpulan burung angsa yang sedang terbang, terlihat formasi mereka berbentuk huruf V dengan ketua berwarna hijau dan anggotanya yang tak berwarna. Kemungkinan yang akan terjadi
1.      Ketika ketua kelompok sedang kelelahan dan tidak dapat memimpin anggotanya lagi maka secara langsung ia akan berpindah posisi ke barisan paling belakang dan membiarkan salah satu anggota terdekatnya untuk memimpin kelompoknya
2.      Ketika salah satu anggotanya berpisah dengan kelompoknya, anggota tersebut akan mengurangi kecepatan terbangnya dan kembali ke barisan dengan bantuan angin
3.      Ketika salah satu anggotanya tidak mampu untuk terbang lebih tinggi ia tidak akan di tinggalkan sendiri oleh kelompoknya, ia akan di jaga dan di temani oleh beberapa anggota lainnya.
Manfaat yang kita peroleh dengan adanya pembagian kelompok
1.      Kita hanya membutuhkan energy yang lebih sedikit
2.      Penyemangat untuk yang lainnya
3.      Berdampingan dengan yang lain apapun perbedaan kita

2.      Relasi Dengan Sesama Oleh Dr. Mustan Mustafa M.Pd
Relasi sesama dapat terjadi melalui
1.      Lingkungan Keluarga
2.      Kelompok pertemanan / Kelompok permainan
12 Langkah 4 Etape
Etape 1 : Mengenal Potensi Diri
-          Mengubah Pola Pikir
-          Masa lalu
-          Masa kini
-          Masa Depan
Etape 2 : Menemukan Peluang
-          Peluang Bidang
-          Peluang yang layak
Etape 3 : Mengelola Hidup
-          Fokus Kesasaran
-          Menguasai rencana
-          Membuat detail proses
Etape 4 : Perencanaan masa Depan
-          Peta hidup
-          Manajemen waktu
-          Role Modal

Kisah Orang-orang Sukses
1.      Karl Max
2.      Frida Kahlo
3.      Syekh Yusuf
4.      Anis Baswedan
5.      Sri Mulyani


Cara menjadi orang layaknya orang sukses
1.      Berdiri dan Percaya Diri
2.      Menjadi orang yang haus akan informasi
3.      Ikut seminar, kursus dan lainnya
4.      Berdoa
5.      Tulislah apa yang anda pikirkan dan lakukan apa yang anda tulis


3. Relasi Dengan Lingkungan Oleh Prof. Dr. H. Bakaking
UU RI nomor 23 Tahun 1997, tentang pengelolaan lingkungan hidup di jelaskan bahwa lingkungan hidup adalah sebuah kesatuan ruang dengan semua benda, sumer daya dan makhlu hidup termasuk manusia dan perilakunya mempengaruhi kelangsungan peri kehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar