Rabu, 26 November 2014

Makalah Hadis Muamalah, Larangan Menunda Pembayaran Utang



Makalah hadis muamalah
menunda
pembyaran hutang

Disusun

Sudirman (7.8)
10800113179


JURUSAN AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR
2013/2o14



Kata Pengantar

Segala puji dan syukur kami panjatkan kepada Allah SWT karena atas berkat dan limpahan rahmat-Nya maka kami dapat menyelesaikan makalah ini.
Berikut ini penulis mempersembahkan sebuah makalah dengan judul“Menunda Pembaya Hutang” yang insya Allah dapat memberikan manfaat yang besar bagi kita dalam mempelajari agama islam.
Melalui kata pengantar ini penulis lebih dahulu meminta maaf dan memohon permakluman bila mana isi makalahiniadakekurangandanadatulisan yang kami buat kurang tepat.
Dengan ini kami mempersembahkan makalah ini dengan penuh rasa terima kasih dan semoga Allah SWT memberkahi makalah ini sehingga dapat memberikan manfaat.




Samata, 26 November 2014

Penulis




 
    A.      Matan Hadis Penundaan Pembayaran Hutang
(BUTUH RUJUKAN)




     B.      Arti Hadis
Rasulullah pernah bersabda, “menunda pembayaran utang oleh orang kaya, suatu kezaliman.  Bila seorang dari kamu utangnya dialihkan ke orang kaya, maka hendaklah ia menerima.


     C.      Penjelasan Hadis
Hadis tersebut mengandung tuntunan untuk menyegerakan pembayaran hutang bagi orang yang mampu untuk membayarnya.Selain itu pula juga terdapat peringatan bahwa menunda-nundapembayaran hutang termasuk perbuatan zolim.Akan tetapi yang dimaksuddisini ialah penundaan pembayaran yang seharusnyasegeradilaksanakanoleh orang yang mampu melaksanakannyatanpauzur.Berbedahalnya dengan orang yang tidakmampu, maka ia boleh menunda pembayaran hutangnya hingga mampu.
Sedangperintahmengalihkanpadahadisttersebutmenunjukkankebolehanaqadhiwalah (pemindahanhutang) menurutpendapat Imam Zhohiripengalihaniniwajibhukumnyasedangjumhurulamamenafsirkannyadengansunnatsaja/ lebihbaik.
Penundaanpembayaranhutang yang dilakukanoleh orang yang mamputermasukdosabesardanpelakunyamenjadifasiqkarenanya.Ada perbedaanpendapattentangkefasiqanini, apakahfasiqitujatuhsebelumpenagihanhutangataumenjadifasiqdengansendirinyakarenapenundaanitu. Hal inidisebabkanpenafsiran yang timbuldarihadistinibahwa orang yang menghutangiharusmenagihterlebihdahulu, karenasesungguhnyapenundaanpembayaranhutangtidakakanterjadikecualibersamapenagihanitu.
Jikasipenghutangsengajamenundapembayaransetelahjatuh tempo, makaiamenjadifasiqsebelumpenagihanhutangitu, danapabilasipenghutangsengajamenundapembayaranhutangsetelah orang yang berpiutangmenagih, makaiamenjadifasiqpadasaatpenagihan, danapabilasipenghutangmemangbenar-benarsengajaberniatdariawalakanmenundapembayaranhutang, makaiaakanmenjadifasiqdengansendirinya.
Berbedahalnyadengan orang yang tidakmampumembayarhutang, maka orang yang berpiutangtidakbolehmemaksa orang yang berhutanguntuksegeramelunasihutang-hutangnya.jikahaliniterjadi, orang yang berpiutangtermasukmendzolimi, lebih-lebihjika orang yang berpiutangmembebankanbungakepada orang yang berhutangkarenapadasaatjatuh tempo tidakterbayardanhalinitermasukriba.Seharusnya orang yang berpiutangmemberikankelonggarankepada orang yang berhutangbilajatuh tempo belumterbayar.Mengenaikesunnahanmenangguhkantagihanatas orang yang dalamkesusahan, Allah SWT berfirmandalam QS Al-Baqorohayat280 :Artinya : Dan jika (orang yang berhutangitu) dalamkesukaran, Makaberilahtangguhsampaidiaberkelapangan. danmenyedekahkan (sebagianatausemuahutang) itu, lebihbaikbagimu, jikakamumengetahui.
Imam Syafi’i berpendapat :seandainyabolehmengambilantindakanatas orang yang tidak mampu membayarhutangterhadapnya, makasungguhiamenjadidholimdan orang yang miskinitutidakmenjadidzolimkarenaketidakmampuannya. Dari itu pula diambilpengertianbahwaapabilapihak yang berhutangitutidakmungkinmembayarhutangnyakarenasangatmiskinnya, makatidakboleh bagi orang yang berpiutangkembalimenagihnya.Hutang merupakan perbuatan yang sangat berbahaya, karenadalamsuatuhadistpernahRosulullah SAW tidak mensholati jenazah yang masih mempunyai tanggungan hutang sampai hutangnya dilunasi.
Menurut IbnuBathalwajibbagipemerintah muslim melaksanakanpelunasanterhadaprakyatnya yang mempunyai tanggunganhutang, apabilapemerintahtidakmelunasihutangrakyatnya yang matiitu, makabebandosaakandipikulnya.
Terdapat hadist yang semakna dengan pernyataa nIbnuBathal, yaknihadistriwayat At-Thabranidalamkitab “Al-Kabir” dariZadzan , dari Salman, beliauberkata :Rosulullah SAW memerintahkankepada kami untukmenebusbeberapatawananmuslim, supayakamumemberikan sesuatukepadapeminta-minta yang muslim, kemudianbersabda “barangsiapa yang meninggalkanharta, maka harta peninggalannya itu untuk ahli warisnya dan barangsiapa yang mati meninggalkan hutang, maka wajib atas saya melunasinya dan wajib atas semua kepala pemerintahan sesudah saya (untuk membayar hutang orang yang mati) yang diambil dari BaitulMaal orang-orang muslim.

        D.      Kesimpulan
Bagi orang yang mampuuntuk membayar hutang, harus membayar hutangnya karena dalam menunda-nunda pembayaran hutang termasukperbuatanzolim.Akan tetapi yang dimaksuddisiniialah penundaan pembayaran yang seharusnya segera dilaksanaka noleh orang yang mampumelaksanakannya tanpauzur.Berbedahalnya dengan orang yang tidak mampu, makaiabolehmenundapembayaranhutangnyahingga iamampu.

1 komentar:

  1. untuk semua orang, Tuhan pasti akan menjawab semua pemberi pinjaman palsu yang mencuri uang kami dengan menyamar sebagai pemberi pinjaman kepada kami, mereka datang dengan segala macam pembicaraan manis seperti memberikan pinjaman dengan tingkat bunga rendah, mereka semua penipuan kecuali Ibu yang baik. Rossa Stanley company, yang merupakan satu-satunya pemberi pinjaman sejati dan asli yang meminjamkan 2% suku bunga, inilah kisah saya, nama saya annisa dari bali, indonesia, pemilik restoran, jangan terkecoh atau takut bahwa pinjaman tidak dapat diperoleh dari internet, adalah mungkin dan saya adalah penerima pinjaman internet. Saya membaca beberapa komentar Anda tentang bagaimana Anda ditipu, Ya mereka scammer, dan mereka juga pemberi pinjaman nyata. Dan ibu rossa adalah salah satunya. Karena banyak yang scam lenders, saya awalnya skeptis, saya memutuskan untuk meminta ibu rossa untuk pinjaman, jadi saya menghubungi ibu rossa untuk permintaan pinjaman saya sebesar Rp100.000.000,00 dan dalam 24 Jam, pinjaman saya disetujui dan dikirim ke rekening bank BCA saya, dan pinjaman ini datang dengan bunga sangat rendah 2% tidak seperti bank di Indonesia yang memberikan pinjaman 7% atau lebih, saya harus mengakui ketika saya mendapat uang, saya terkejut dan masih terkejut sampai saat ini, meskipun ada beberapa yang ditolak karena mereka tidak memenuhi syarat untuk pinjaman. Tetapi saya diberikan karena keseriusan dan pendekatan saya yang tulus, saya mendapatkan pinjaman saya, dan ketika saya bertanya kepada ibu rossa bagaimana dia mendapatkan uang yang dia pinjamkan kepada banyak orang dia mengatakan itu didukung oleh negara-negara bersatu dan bank dunia untuk membantu orang miskin sekitar ASIA dan AFRIKA untuk mengurangi kemiskinan saya tidak dapat berhenti mengucapkan terima kasih kepada ibu rossa untuk mengeluarkan saya dan keluarga saya dari kemiskinan, jadi saya merasa karena dia baik dan baik kepada saya, saya perlu berbagi berita tentang perusahaannya sehingga orang-orang akan tahu tentang dia perusahaan pinjaman dan juga menghindari jatuh untuk peminjam palsu yang membanjiri di mana-mana dengan cerita palsu., Anda dapat berbicara dengan ibu rossa melalui email, whatsapp dan teks, saya merasa dibandingkan dengan berbagi rincian ini tetapi banyak yang sangat tidak serius dan akan menelepon ibu jadi Saya hanya bisa memberikan alamat surelnya untuk menghubungi ibu rossa yang rossastanleyloancompany@gmail.com, jika Anda menghubungi mereka, mereka akan menjawab Anda dengan cepat dan jika Anda ragu apa pun Anda dapat menghubungi saya di facebook @ annisa berkarya atau email saya di annisaberkarya@gmail.com. semoga ALLAH terus memberkati dan melindungi wanita yang baik dan pengertian rossa stanley ini.

    BalasHapus