Selasa, 17 Juni 2014

Punya Whiteboard / Blackboard


Siapa sih yang tidak ingin menjadi orang pintar..? semua orang pasti juga sering memikirkan hal tersebut, memang banyak hal yang harus di ketahui untuk mengatakan bahwa seseorang itu pintar, karena ukuran pintar atau tidaknya seseorang itu macam-macam jenisnya. Ada yang pintar akademiknya, musiknya, dan sebagainya. Buat kalian yang masih menuntut Ilmu entah di SMP,SMA atau bahkan di bangku perkuliahan pasti susah banget untuk mengingat kembali materi yang pernah di ajarkan oleh guru, yaah kebetulan jojola juga sering banget ngalamin hal yang sama hehe. Oke gak usah banyak bacot akunya ya, buang-buang waktu ajah harus kasih kata pengantar panjang-panjang(heheheh, nyadar diri :D) oke langsung ajah yang ingin jojola bahas di sini adalah gimana caranya menjadi seseorang yang pintar terutama dalam hal mengingat sesuatu. Check it out…!
Punya Whiteboard / Blackboard
What..? Apa hubungannya sama pintar apa nggak..? heheh ada dong, pernah lihat whiteboard atau blackboard gak..? yaa pernahlah..! sering malah!!, wkwkw yaup rupanya benda-benda itu tidak hanya di gunakan menulis pelajaran di lembaga pendidikan aja, melainkan juga sebagai media untuk mengingat sesuatu. Jojola terinspirasi dari dosen mata kuliah statistic tepatnya sewaktu jojola masih semester  dua, awalnya jojola ngak yakin dan Cuma iseng-iseng ngikutin metode belajar si dosen tapi lama kelamaan ternyata hal tersebut tidak sia-sia. Buktinya ketika final jojola dapat dengan mudah menyelesaikan soal-soal yang ada di lembar kerja. Pada saat itu ya jojola ngerasa seperti memanggil kembali kata-kata maupun angka yang pernah jojola saksikan di whiteboard. Jojola yakin pasti kalian penasaran gimana sih metodenya? (min, pede amat yaa?wkwk harus dong..! kalau nggak pede ya gak bakal ada yang perhatikan.hehhe) Sabar..sabar, jojola minum air dulu.., :D..
            Sebenarnya sih metodenya cukup simple, Kalian cukup punya papan tulis, entah yang masih tradisional, ataupun sejenis whiteboard. Suka-suka kalian aja maunya yang gimana, Cuma kalau jojola saranin sih mending teman-teman beli Whiteboard ajah soalnya lebih bebas dari debu yang intinya gak bikin kita bersin-bersin, hehhe terserah kalian mau ukurannya apa. Tergantung kebutuhan kalian sih tepatnya. Teman-teman bisa gantung whiteboardnya dimana ajah, entah itu di dinding kamar, ruang belajar, ruang tamu atau dimana asal jangan di tengah jalan. Ntar dikiranya papan reklame lagi. Kwkwk, nah saatnya untuk mencatat materi-materi penting teman-teman di whiteboardnya, materinya bisa berasal dari penjelasan dosen yang sudah teman-teman catat sebelumnya di kampus atau materi-materi penting lainnya yang berkaitan dengan pelajaran atau mata kuliah yang teman-teman pelajari. Tipsnya : tuliskan materi-materi intinya atau yang  pentingnya saja, karena kalau di tulis dari A sampai Z mungkin hanya akan membuat teman-teman susah untuk mengingatnya dan parahnya lagi bisa bikin teman-teman bingung sendiri. Hehhe.
            Jojola ingat dengan pesan seorang dosen ketika Jojola mengikuti Program Binaan Mahasiswa kampus, begini katanya “Tulislah apa yang ingin kamu tulis, dan laksanakan apa yang kamu tulis” naah untuk menjadi orang yang smart atau mudah mengingat sesuatu hal itu gak semudah membalik telapak tangan, harus ada usaha dan kerja keras tentunya. Mungkin saja teman-teman Cuma menulis materi materinya di whiteboard tanpa mempelajari atau bahkan hanya di jadikan pajangan untuk kamar, wah wah sama ajah bo’ong doong.. Sebenarnya ada banyak sekali kesempatan teman-teman untuk belajar melalui whiteboard, bisa ketika teman-teman sedang makan sambil melihat kembali tulisan teman-teman, mungkin bisa juga pada saat kerja tugas, atau bahkan juga pada saat sedang berbincang-bincang dengan teman kalian di kamar dan masih banyak lagi.
            Sebenarnya sieeh masih banyak metode-metode balajar lainnya, Cuma kan masing-masing orang berbeda-beda dalam menangkap informasi yang ia peroleh, ada yang cepat sekali memahami suatu hal, ada yang metode belajarnya berdasarkan halafan bahkan ada juga yang sama sekali tidak mengerti meskipun telah di ajarkan berulang-ulang sama pengajar.
            Intinya teman-teman harus serius dengan hal ini, karena keseriusan teman-teman itu merupakan suatu jalan menuju kesuksesan. YAKUSA…! Yakin Usaha Sampai….!!!
Arigatou Gozaimasu, I hope this article can be usefull for us..! InsyaAllah…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar